Header Ads

Debat Pilkada Solo Disiarkan di TV Lokal


NEWSJATENG.COM, SOLO - Jika daerah lain menggunakan stasiun televisi nasional sebagai media debat, tidak demikian halnya dengan Pilkada Kota Solo. Debat putaran kedua Pilkada Solo 2020 hanya disiarkan di stasiun TV Lokal dan streaming di sosial media resmi miliki KPUD Solo.

Rencananya debat dengan tema "Memajukan Surakarta sebagai Kota Budaya yang Inovatif dalam Keberagaman Melalui Kolaborasi dan Penguatan Civil Siciaty" ini akan digelar pada Kamis (3/12/2020) atau H-6 sebelum hari pencoblosan. 

Seperti dilansir Kompas.Com, edisi 23 Nobember 2020, Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti mengatakan, teknis debat putaran kedua sama seperti pelaksanaan debat pertama. Debat putaran kedua berlangsung selama 120 menit. Rinciannya 90 menit debat dan 30 menit iklan layanan masyarakat. 

KPUD Solo menyatakakn telah  persiapan debat putaran kedua sudah seratus persen termasuk materi debat. Penyusun materi debat sendiri  melibatkan lima orang yang terdiri dari kalangan akademisi, birokrasi, aktivis dan budayawan. 

Sementara untuk peserta debat putaran KPUD Solo membatasi  hanya 50 orang. Pembatasan peserta dilakukan dengan tujuan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Peserta yang diundang antara lain dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, tim kampanye dua pasangan calon, Bawaslu, panelis dan KPU. 

Seperti diketahui, Pilkada Solo 2020 hanya diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yaitu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo ( Bajo). Paslon Gibran-Teguh diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan didukung delapan partai politik, baik di parlemen maupun non-parlemen. Sedangkan paslon Bajo diusung organisasi kemasyarakatan (ormas) Tikus Pithi Hanata Baris melalui jalur independen atau perseorangan. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.