Header Ads

Selama Belajar Online, 48 Persen Siswa Merasa Bosan

NEWSJATENG.COM, PARLEMEN - Selama belajar online atau jarak jauh ternyata siswa yang merasa bosan cukup tinggi, yaitu 48,7 persen. Selain itu siswa juga kurang konsentrasi sebanyak 52 persen. Uniknya siswa menikmati proses belajar online hanya 4 persen.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Abdul Fikri seperti yang dirilisnya. "Untuk menyikapi hal ini kami memberikan 15 rekomendasi kepada Kementerian Pendidikan," kata Fikri.

Dikatakan olehnya, beberapa rekomendasi tersebut yaitu regulasi, anggaran dan kurikulum yang adaptif. "Guru yang bermutu, statusnya jelas, kesejahteraanya terjamin menjadi hal penting," kataknya.

Masih menurut Fikri, kondisi terkini guru yang siap menghadapi cara pembelajaran online atau jarak jauh hanya 68 persen sementara yang tidak siap mencapai 40 persen dan ini angka yang cukup tinggi.

"Selain itu pembagian kuota internet juga ternyata kurang maksimal karena di lapangan masih banyak ditemukan siswa yang tidak mendapatkan program tersebut," ungkapnya. Seperti diketahui, sejak pandemi Covid - 19 pemerintah memberakukan sistem belajar jarak jauh atau online.

Hampi setahun sistem ini diterapkan dan ditemukan sejumlah persoalan yang harus menjadi catatan serius pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan. (dbs/knt) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.