Header Ads

Liburan Murah Meriah di Pinggir Sawah

Foto/@dnilam.sr

NEWSJATENG.COM, WISATA - Akhir pekan tidak selalu identik keluar kota atau piknik di perkotaan, namun juga bisa mengisinya di perkampungan tepatnya di pinggir area persawahan, seperti sejumlah gadis di Tegal, Jawa Tengah yang memilih mengisi liburan di pinggir sawah.

Dalam sebuah foto yang mereka upload di sosial media instagram, terlihat empat gadis berada di pinggir hamparan padi yang sedang menguning. Pemandangannya semakin terlihat menarik karena di belakang mereka terdapat gunung yang menjulang.

Uniknya lagi mereka menggundakan becak mini yang mereka sawa dari salah seorang warga. Sawah merupakan salah satu tempat yang justru kini banyak diminati masyarakat perkotaan.

Tidak heran sejumlah desintasi wisata perdesaan yang terdapat hamparan sawah kini menjadi tempat favorite orang perkotaan. Mengutip dari Wikipedia, sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi.

Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan. Sawah yang terakhir dikenal sebagai sawah tadah hujan, sementara yang lainnya adalah sawah irigasi. Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice).

Pada lahan yang berkemiringan tinggi, sawah dicetak berteras atau lebih dikenal terasiring atau sengkedan untuk menghindari erosi dan menahan air. Sawah berteras banyak terdapat di lereng-lereng bukit atau gunung di Jawa dan Bali.

Sebuah studi yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menemukan bahwa semua jenis padi yang dibudidayakan saat ini, baik dari spesies indica maupun japonica, berasal dari satu spesies padi liar Oryza rufipogon yang ada pada tahun 8200 tahun hingga 13500 tahun yang lalu di China.

Padi sawah dibudidayakan di berbagai negara seperti Bangladesh, China, Filipina, India, Indonesia, Iran, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Korea Utara, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Padi sawah juga ditanam di Eropa seperti di Piedmont (Italia) dan Camargue (Prancis). (dbs/kar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.