Header Ads

Memanjakan Diri di Curug Genting Batang

Foto/@kirana1

NEWSJATENG.COM, WISATA - Akhir pekan enaknya kita berlibur dengan suasana alam, selain untuk mengusir kepenatan daerah perkotaan juga menambah wawasan dan kecintaan kita kepada Indonesia yang kaya akan sumber daya alam.

Nah, salah satu wisata alam yang bisa kita kunjungi adalah Curug Genting. Wah, kenapa ya namanya kok genting? Jadi Curug Genting yang berlokasi di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini diambil dari bahasa setempat, dimana "genting" artinya gua.

Curug ini memiliki kedalaman kurang lebih 17 meter dimana di dalamnya mengalir air bersih yang alami pada bagian sela - sela bebatuan yang ada di sekitar curug. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan hutan pinus yang instrambale.

Meski untuk bisa menuju ke lokasi ini rerlatif lumayan memakan waktu dari pusat pemerintahan Kabupaten Batang, tapi kelelahan Anda akan terbayarkan ketika sudah sampai di curug ini.

Curug Genting Batang ini memiliki ketinggian  sekira 40 meter dan dikelilingi hutan Pinus. Wana wisata ini berada di petak 49° Hutan Lindung Tertutup (HLT) RPH KembangLangit, BKPH Bandar, memiliki luas sekitar 7 hektare dan dikelola lewat kerja sama antara Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur dan Pemkab Batang.

Untuk masuk ke wisata Curug Genting, pengunjung dikenakan biaya Rp 5 ribu per orang. Sedangkan untuk parkir, pengelola wisata, yakni Pokdarwis Agung Lestari mematok tarif Rp 2 ribu untuk motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. (dbs/kar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.